Senin, 09 Mei 2016

Service Kipas angin

 Service kipas angin
Diantara sekian macam service barang elektronik,service kipas angin adalah yg termudah.
Karena kerusakan yg dialami,tidak serumit barang elektronik lain.
Kerusakan yg paling parah,adalah pada bagian kumparannya(gulungan),dan kalaupun sudah menguasai tekhnik menggulung,kerusakan inipun akan menjadi mudah juga.Sebelum membahas kerusakannya,kita bedah terlebih dahulu mesin dinamonya.
Bagian-bagian dari dinamo kipas angin adalah sebagai berikut :

  1. Rumah motor(sebagai dudukan kern)
    rumah motor.
    macam-macam bentuk rumah motor.
  2. Kern(untuk menempatkan kumparan,lubang-lubang yg melingkar untuk tempat kumparan disebut "alur")


    kern kipas angin.
    bentuk kern kipas.
  3. Rotor(magnet induksi,berputar karena ada induksi dari besi kern)
    rotor kipas.
    rotor kipas.
  4. As rotor(sebagai pegangan untuk baling-baling)
    as kipas angin.
    as kipas.
  5. Bosy/busing(terletak pada rumah motor)


    bosing kipas angin.
    bosing.
  6. Gearbox(bagian yg membuat kipas menghembuskan angin ke kiri dan ke kanan)
    gear box kipas angin.
    macam bentuk gear box.
Pada kipas angin,kerusakan yg dialami hanya satu,kipas tidak berputar seperti biasanya,penyebabnya yg macam-macam.
Beberapa penyebab yg membuat kipas tidak berputar adalah;

-Bosy kemasukan kotoran.
Cirinya kalau baling-baling diputar dengan tangan terasa berat(ganti bosy).

-Bosy telah aus.
Cirinya kalau dinyalakan mesin mendengung dan jika baling-baling diputar,akan berat sekali.
Kalaupun bisa berputar,mesin dinamo akan mengeluarkan suara yang cukup mengganggu waktu tidur.
Tetapi kalau dalam keadaan mati/off,baling-baling diputar dengan tangan,berputar lancar(ganti bosy).

-As telah aus.
Setelah mengganti bosy,perhatikan fisik as pada bagian yang menyentuh bosy,apakah ada garis-garis halus?
Jika ada,gosok dengan amplas halus lalu cek raba sampai permukaan itu terasa halus.
Kalau didiamkan,garis-garis itu akan menggerus bosy sehingga bosy akan kembali aus,dan bosy yang aus juga akan menggerus as sehinggga garis-garisnya bertambah dalam.


-Capacitor lemah/mati.
Cirinya,putaran kipas pada speed tertinggi seperti speed terendah.biasanya,speed terendah baling-baling tidak berputar,hanya mesin yg mendengung.
Sedangkan kalau capacitor mati,mesin mendengung dan baling-baling tidak berputar,jika baling-baling diputar dengan tangan,terasa ringan(ganti capacitor).

-Kumparan/gulungan lemah atau terbakar.
 Gulungan lemah bisa disebabkan karena tembaga yg kurang bagus,atau faktor usia.
Saya sering menjumpai gulungan yg menggunakan kawat aluminium,bukan kawat tembaga,biasanya pada kipas murah meriah.
Produsen yg menggunakan kawat aluminium,mungkin karena faktor ekonomis,karena tentu harganya lebih murah daripada kawat tembaga,otomatis harga kipas jadi lebih murah.

Tapi,jeleknya kawat aluminium,lebih mudah diserang jamur,yg mengakibatkan korslet dan akhirnya gulungan terbakar.
Sebagai catatan,tidak semua kipas yang menggunakan kawat aluminium cepat rusak,ada juga yang awet.
Perbandingannya mungkin sekitar 1:10 atau 1:100.

 Cara Service Kipas Angin yang Tidak Berputar dan Berdengung :1. Bongkar kerangka kipas angin beserta baling balingnya. Serta buka baut yang mengikat kerangka gulungan/spul kipasangin secara perlahan dan hati2 jangan sampai kabel penghubung dengan gulungan terputus, karena akibatnya bisa fatal bila anda tidak bisa menemukan / menyambung kembali kabel yang putus.



2. Lepaskan bearing dari rumahnya, dan coba perhatikan apakah benar telah terjadi ke-ausan pada liner bearing tersebut jika benar, berarti bearing harus diganti. bearing ini banyak dijumpai di pasaran dan harganya pun relatif murah.






3. Setelah bearing diganti, sebelum kita menutup kembali (merakit kipas) tidak ada salahnya jika kita bersihkan semua kotoran yang menempel, caranya dengan menggunakan tiner atau bensin tapi jangan lupa sebelum dirakit harus kering dari bensin atau tiner. Yang paling utama adalah Bersihkan as kipas angin dengan kain yang bersih, kemudian berikan sedikit baby oil atau paslin (jangan terlalu banyak dan hanya asnya saja) yang terpenting permukaan as yang berhubungan langsung dengan laher/bearing terlumasi.


selamat membaca dan semoga bermanfaat....

3 komentar:

  1. Kalo item2 yang ada di rotor hilang berpengaruh nggak?

    BalasHapus
  2. Klo as ny di amplas bkan nya tmbah oblak ya putaran ny... Jdi smakin bunyi brisik??? Mohon jwaban ny

    BalasHapus
  3. Klo menurut saya as aus cara mengakali nya dengan di beri penitik pas di dudukan as yg aus.

    BalasHapus